Jawaban Aktivitas Berdiskusi Halaman 61 Bahasa Indonesia Kelas 4

Wartawarganews.com – Jawaban Aktivitas Berdiskusi Halaman 61 Bahasa Indonesia Kelas 4. Halo Adik-Adik! Kali ini Wartawarganews.com akan membahas Jawaban Aktivitas Berdiskusi Halaman 61 Bahasa Indonesia Kelas 4.

 

Menyimak

 

Jauh dan Dekat

Ada banyak cara orang bepergian. Paling mudah, tentu saja dengan berjalan kaki. Namun, untuk menempuh jawak yang jauh, berjalan kaki sungguh melelahkan. Kita membutuhkan kendaraan. Denhan demikian, perjalanan bisa ditempuh dengan lebih cepat.

 

Kendaraan juga disebut alat transportasi. Berdasarkan tenaga penggeraknya, kendaraan terbagi menjadi dua, yakni kendaraan yang digerakkan oleh mesin dan kendaraan yang digerakkan oleh makhluk hidup, termasuk manusia. Kendaraan yang digerakkan oleh mesin diantaranya mobil, sepeda motor, pesawat terbang, dan kereta api. Adapun delman, gerobak, kereta kuda digerakkan oleh hewan, sedangkan sepeda digerakkan oleh kaki pengendaranya.

 

Menatiknya, orang-orang juga mengendarai hewan secara langsung, tidak duduk di atas kereta atau gerobak yang ditatik oleh hewan. Hewan yang dijadikan tunggangan atau penarik kereta biasanya memiliki kelebihan seperti kuat berjalan jauh, kuat membawa beban, atau mampu berlari kencang. Mungkin Adik-Adik sudah mengenal kuda, sapi, atau kerbau dijadikan tunggangan atau penarik kereta. Di negara lain, orang-orang juga menaiki keledai, unta, bahkan gajah.

 

Berdasarkan tempat pemakaiannya, ada kendaraaan yang digunakan di daratan, perairan, dan udara. Kendaraan daat misalnya sepeda, mobil, truk, kereta api, serta hewan seprti kuda dan unta.

 

Di sebaguan daerah yang memiliki banyak sungai, bepergian lewat air terkadang lebih disukai. Walau sudah ada jalan raya, banyak orang di sana yanh tetap memilih lewat sungai. Alat transportasi di sungai diantaranya sampan, perahu cepat, dan kapal. Kapal yang berukuran besar bahkan bisa mengatungi lautan.

 

Ada jenis kendaraan yang mampu melintas di udara. Seperti helikopter dan pesawat terbang, baik yang kecil maupun besar. Asa pula kemdaraan yang sampai ke luar angkasa, yang disebut pesawat luar angkasa.

 

Berdiskusi

 

1. Mendiskusikan Bacaan

Setelah Adik-Adik membaca teks “Jauh dan Dekat”, berdiskusilah untuk membahas topik kendaraan. Seeblum berdiskusi, Adik-Adik boleh mencari sumber bacaan lain tentang kendaraan. Saat berdiskusi, angkat tangan untuk meminta giliran. Berbicaralah setelah dipersilahkan oleh guru.

  • Apa saja alat transportasi yang dapat digunakan di sungai atau di laut? Adakah yang sama?
  • Tahukah kalian alat transportasu darat yang disebut dokar? Apa yang dapat Adik-Adik ceritakan tentang dokar?
  • Di sebagaian daerah, perahu disebut sampan. Apa sebutan untuk perahu di daerah kalian?
  • Menurut Adik-Adik, mengapa ada begitu banyak jenis kendaraan.

 

2. Pilih Kendaraan

Pada kegiatan berikut ini, Adik-Adik perlu membentuk kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 orang. Setiap kelompok memilih satu moda transportasi di antara empat yang disediakan. Satj moda transportasi hanya boleh dipilib oleh satu kelompok.

 

Jawaban Aktivitas

 

1. Berikut jawaban untuk nomer ini

  1. Beberapa contoh alat transportasi sungai diantaranya rakit, sampan, dan perahu. Adapun alat transportasi laut diantaranya kapal pesiar, kapal barang, dan kapal penangkap ikan. Perahu juga dapat digunakan sebagai alat transportasi laut.
  2. Dokar atau delman merupakan alat transportasi tradisional yang tidak menggunakan mesin dan menggunakan kuda sebagai gantinya. Alat transportasi imi memiliki bentuk seperri kereta beroda namun tanpa mesin.
  3. Jawaban pada nomor ini tergantung dengan penyebutan perahu di daerah Adik-Adik.
  4. Terdapat banyak jenis kendaraan karena kegunaannya berbeda pula. Untuk menyebrangi lautan, manusia tidak bisa menggunakan mobil sehingga harus memakai kapal atau perahu. Namun memakai kapal atau perahu memakan waktu yang lama, sehingga terciptalah pesawat terbang.

 

2. Jawaban untuk nomor ini tergantung dari moda transportasi yang Adik-Adik pilih, adapun langkah-langkah aktivitas ini diantaranya:

  • Setiap kelompok mendiskusikan kendaraan pilihannya. Contohnya, kelompok darat memilih mobil, kelompok laut memilih kapal, kelompok udara memilih oesawat terbang, dan kelompok hewan memilih unta. Tentu saja Adik-Adik boleh mengusulkan kendaraan yang lain.
  • Setiap kelompok mendiskusikan kendaraan pilihannya. Seberapa cepat kendaraan dapat berjalan? Apa keuntungan  menggunaan kendaraan tersebut? Apa kekurangannya?
  • Tuliskan hasil diskusi tersebut!
  • Presentasi ke depan kelas secara bergantian!

 

Adik-Adik, demikianlah pembahasan Jawaban Aktivitas Berdiskusi Halaman 61 Bahasa Indonesia Kelas 4. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Wartawarganews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Leave a Comment