Jawaban Bahas Bahasa Halaman 56 Bahasa Indonesia Kelas 4

Wartawarganews.com – Jawaban Bahas Bahasa Halaman 56 Bahasa Indonesia Kelas 4. Halo Adik-Adik! Kali ini Wartawarganews.com akan membahas Jawaban Bahas Bahasa Halaman 56 Bahasa Indonesia Kelas 4.

 

Bahas Bahasa Halaman 56

 

Paragraf Argumentasi

Saat sedang berdiskusi atau menyampaikan pendapat secara lisan maupun tertulis, Adik-Adik perlu menyebutkan alasan atau penyebab Adik-Adik berpendapat demikian. Semakin kuat alasan, atau didukung oleh bukti-bukti sepertu peraturan atau data ilmiah, maka semakin kuat pula pendapat Adik-Adik. Pernyataan yang Adik-Adik sampaikan ini disebut argumentasi. Jika argumentasi disampaikan dalam bentuk tertulis atau dalam sebuah paragraf, paragraf yang Adik-Adik tulis disebut paragraf argumentasi.

 

Ciri-ciri paragraf argumentasi

  • Mengandung pendapat, keyakinan, dan pandangan terhadap sebuah permasalahan
  • Terdapat data akurat yang dipakai untuk meyakinkan orang lain.
  • Menjelaskan permasalahan dengan cara menganalisis dan menganalogikan.
  • Terdapat kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas, tetapi bukan merupakan penegasan kembali topik utama.

Gambar Bahas Bahasa Halaman 56

 

Tuliskan pendapat Adik-Adik dengan menjawab pertanyaan di bawah ini!

  1. Menurut Adik-Adik, apa yang seharusnya dilakukan Rudi? Mengapa?
  2. Bagaimana pendapat Adik-Adik tentang tindakan yang dilakukan pengendara sepeda motor? Jelaskan!

 

Jawaban

 

Berikut contoh jawaban sederhana untuk aktivitas ini.

  1. Menurut saya, seharusnya Rudi tidak menerobos lampu merah karena itu membahayakan dirinya dan orang lain. Setelah kejadian ini sepatutnya Rudi tidak mengulanginya lagi agar tidak terjadi kejadian serupa.
  2. Menurut pendapat saya, tindakan pengendara motor yang memarahi Rudi sedikit berlebihan karena Rudi masih anak-anak. Pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm juga tidak boleh ditiru, karena selain melanggar peraturan, juga membahayakan keselamatan.

 

Adik-Adik, demikianlah pembahasan Bahas Bahasa Halaman 56 Bahasa Indonesia Kelas 4. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Wartawarganews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Leave a Comment