Mengatasi Memori Internal Samsung yang Hampir Penuh

Wartawarganews – Mengatasi Memori Internal Samsung yang Hampir Penuh – Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Penuh Pada HP Samsung – Ingin Penyimpanan Internal Ponsel Anda Cepat Terisi? Bahkan dengan ponsel Samsung, pengguna sering memiliki keluhan tentang sering terjadinya notifikasi tentang memori internal penuh.

Apalagi jika Anda merasa belum menginstal banyak aplikasi tambahan, Anda akan selalu mendapatkan notifikasi penggunaan memori penuh. Padahal, masalah seperti itu sangat umum di kalangan pengguna smartphone.

Bahkan jika ponsel Anda memiliki penyimpanan internal 16GB, kenyataannya Anda tidak dapat menggunakan lebih dari setengahnya karena setengah dari penyimpanan internal sudah digunakan untuk aplikasi sistem. Bagi sobat yang mengalami masalah seperti ini, berikut ini simak cara mengatasi penyimpanan internal yang hampir penuh di hp samsung.

Mengatasi memori penyimpanan internal HP Android Samsung yang hampir penuh

Mengatasi Memori Internal HP Samsung yang Hampir Penuh (ROOT)

Untuk mengatasi penyimpanan internal ponsel Samsung yang penuh adalah dengan cara root. Root memungkinkan Anda untuk mengubah atau menghapus aplikasi sistem yang tidak digunakan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan internal. Untuk melakukan root pada ponsel Samsung:

  1. Unduh dan instal aplikasi KingRoot di ponsel Samsung Anda. Aplikasi ini paling sering digunakan untuk rooting smartphone termasuk semua jenis ponsel Samsung.
  2. Jika terinstal, luncurkan aplikasi KingRoot dan cukup tekan tombol perintah root. Proses root berjalan secara otomatis.
  3. Setelah proses root selesai, Anda dapat langsung menjalankan beberapa aplikasi sistem yang tidak Anda gunakan. Ini akan meningkatkan memori internal ponsel Anda. Misalnya, Anda dapat menghapus beberapa aplikasi berikut.

Mengatasi Penyimpanan Internal Penuh Pada HP Samsung Tanpa Root

Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan cara root untuk menambah penyimpanan internal, Anda juga dapat menggunakan cara berikut ini:

  1. Cukup masuk ke menu Pengaturan lalu menu Aplikasi.
  2. Semua aplikasi yang terinstal di ponsel Anda kemudian akan ditampilkan. Anda kemudian dapat menghapus data aplikasi yang tidak digunakan. Hapus data digunakan untuk menghapus data dalam aplikasi terkait yang biasanya semakin sering digunakan setiap hari. Misalnya, Anda dapat menghapus data di Google Drive lalu memilih aplikasi Google Drive.
  3. Akan ada opsi untuk “Hapus Data”, pilih saja opsi itu. Ketika penghapusan data selesai, pilih “Nonaktifkan” untuk mencegah aplikasi berjalan di latar belakang. Anda bisa menggunakan cara ini untuk aplikasi lain yang tidak diperlukan.

Sebenarnya ada cara lain untuk mengatasi hal tersebut tanpa rooting, yaitu dengan menggunakan aplikasi penghemat memori internal Android. Anda hanya menjalankan aplikasi dan kemudian aplikasi akan memperluas ruang di penyimpanan internal dan menemukan bug dan file sampah di ponsel Android Anda.

Bagaimanapun, ini adalah dua cara yang dapat Anda coba untuk melewati memori internal ponsel Samsung yang penuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment