Cara Membuat Whatsapp Auto Reply

Wartawarganews – Cara Membuat Whatsapp Auto Reply – Dengan Aplikasi WhatsApp Business, Anda dapat mengatur fungsi “Pesan di luar kantor”. Jika kontak mencoba menghubungi Anda selama jam “di luar kantor”, pesan otomatis akan dikirimkan kepada mereka.

WhatsApp milik Facebook merupakan salah satu aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan. Dengan aplikasi pesan instan, Anda dapat mengirim dan menerima teks, berbagi foto dan video, file, dokumen, dan lainnya. Anda juga dapat mengunggah gambar profil ke WhatsApp dan juga memperbarui dan melihat status orang untuk mengetahui keberadaannya.

WhatsApp juga memungkinkan Anda melakukan panggilan suara atau video dan tetap terhubung dengan teman dan anggota keluarga Anda. Selain menggunakan aplikasi perpesanan instan untuk berbicara dengan teman, keluarga, atau kolega Anda, Anda juga dapat menggunakannya untuk tujuan bisnis.

Aplikasi bisnis WhatsApp

Aplikasi WhatsApp Business gratis untuk diunduh dan dirancang khusus untuk bisnis kecil. Perusahaan dapat membuat profil mereka dan dengan demikian memberikan rincian tentang produk mereka, alamat bisnis mereka dan situs web mereka dan berhubungan dengan pelanggan mereka.

Untuk berhubungan dengan pelanggan, Anda dapat membuat katalog dan menunjukkannya kepada pelanggan, dan juga menjawab pertanyaan pelanggan tentang produk atau layanan.

Selain kekayaan fitur ini, ia juga memiliki fitur pesan di luar kantor yang memberi tahu pelanggan bahwa mereka tidak dapat digunakan atau tersedia.

Fungsi balasan otomatis WhatsApp

Dengan Aplikasi WhatsApp Business, Anda dapat mengatur pesan di luar kantor saat Anda tidak bekerja. Anda dapat mengatur balasan otomatis untuk memberi tahu kontak bahwa Anda saat ini tidak tersedia. Anda juga dapat menjadwalkan pesan-pesan ini sesuai dengan itu. Jika kontak mencoba menghubungi Anda selama “keluar dari kantor”, pesan akan dikirimkan kepada mereka.

Untuk mengaktifkan balasan otomatis ke pesan WhatsApp

LANGKAH 1 Klik Pengaturan

Buka aplikasi WhatsApp dan ketuk tiga titik di aplikasi. Sekarang klik Pengaturan, Settings followed by Business Settings and lastly on Away message.

LANGKAH 2 Send away message

Sekarang klik tombol sakelar di sebelah “Kirim Pesan”.

LANGKAH 3 Edit pesan

Ketuk pesan dan masukkan pesan yang ingin Anda kirim ke pelanggan dan klik Ok.

LANGKAH 4 Jadwalkan pesan Anda

Langkah selanjutnya sekarang adalah merencanakan pesan Anda.
-Selalu kirim: Pilih opsi ini jika Anda tidak akan tersedia untuk waktu yang lama.
-Jadwal Khusus: Pilih opsi ini jika Anda hanya ingin mengirim pesan otomatis pada waktu tertentu.
-Di Luar Jam Kerja: Opsi ini memungkinkan Anda mengirim pesan otomatis hanya di luar jam kerja. Opsi ini mengharuskan Anda untuk mengatur jam kerja di profil perusahaan Anda.

LANGKAH 5 Pilih penerima

Langkah terakhir adalah memilih penerima yang ingin Anda kirimi pesan ini.
-Semua Orang: Pilih opsi ini agar pesan otomatis dikirim ke siapa pun yang mengirimi Anda SMS di luar jam kerja.
-Setiap orang yang tidak ada di buku alamat: memungkinkan Anda mengirim pesan otomatis ke nomor yang tidak ada dalam daftar kontak Anda.
– Semua orang kecuali: untuk mengirim pesan ke semua orang kecuali beberapa kontak.
-Kirim hanya ke: pilih opsi ini untuk mengirim pesan ke kontak yang dipilih.

Fitur tersebut cocok bagi anda para pelaku bisnis yang sifatnya online, terkadang pembeli itu tidak mengetahui jam operasional bisnis anda, ketika anda tidak merespon , ini akan menimbulkan masalah seolah olah anda tidak baik dalam pelayanan. Dengan fitur ini, ada dapat membalas pesan dari pembeli secara otomatis untuk memberitahukan jam operasionalnya.

Semoga tutorial ini membantu

Leave a Comment