Mengatasi Blue Screen pada windows 10

Wartawarganews – Mengatasi Blue Screen pada windows 10 – Dalam windows 10, terdapat Blue Screen of Death (BSoD) atau bisa disebut “blue screen,” “stop error,” atau “system crash” , yaitu  terjadi setelah kesalahan kritis yang tidak dapat diproses dan diperbaiki oleh sistem secara otomatis.

Biasanya, blue screen error terjadi saat proses upgrade Windows 10, saat startup, atau secara acak saat aktif menggunakan laptop atau desktop Anda. Bagian yang paling membuat frustrasi dari semua itu adalah semua yang Anda lihat adalah latar belakang biru pekat dan wajah karakter sedih tanpa informasi berharga yang cukup untuk menentukan penyebab sebenarnya dari masalah tersebut.

Layar menampilkan pesan seperti: “Your PC ran into a problem and needs to restart. We’re just collecting some error info, and then we’ll restart for you.” Or general stop error codes (such as VIDEO_TDR_TIMEOUT_DETECTED, PAGE_FAULT_IN_NONPAGE_AREA, CRITICAL_PROCESS_DIED, SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION, DPC_WATCHDOG_VIOLATION, or IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL). Or hexadecimal codes (such as 0x000000D1, 0x0000000A, or 0x0000007B),  tetapi untuk sebagian besar pengguna mereka hanyalah hieroglif.

Cara memperbaiki Blue Screen pada Windows 10

Saat memutakhirkan ke versi baru Windows 10, Anda mungkin melihat kesalahan layar biru, yang dapat terjadi karena berbagai alasan. Ini bisa jadi akibat masalah dengan program lama atau perangkat lunak keamanan. Atau bisa juga karena file yang rusak di instalasi saat ini atau media instalasi yang rusak — untuk beberapa nama.

Biasanya, ketika terjadi kesalahan, pengaturan akan mengembalikan perubahan ke instalasi sebelumnya tanpa alasan.

Jika Anda menghadapi kesalahan selama penginstalan Windows 10, mencopot pemasangan aplikasi yang tidak penting, menghapus unduhan yang rusak, melepaskan periferal yang tidak penting, atau bahkan melakukan pemasangan OS yang bersih dapat menyelesaikan masalah.

Copot pemasangan aplikasi yang tidak kompatibel
Untuk menghapus instalan aplikasi yang mungkin menimbulkan konflik dengan penginstalan windows 10, gunakan langkah-langkah ini:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Klik Aplikasi.
  3. Klik Aplikasi & fitur.
  4. Pilih aplikasi yang mungkin menyebabkan masalah dan klik tombol Copot pemasangan
  5. Klik tombol Uninstall lagi.Catatan Singkat: Jika Anda menghapus aplikasi desktop lama, Anda mungkin perlu melanjutkan dengan petunjuk di layar.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Anda mungkin harus mengulangi langkah-langkah untuk mencopot pemasangan aplikasi tambahan dan kemudian Anda dapat mencoba meningkatkan lagi. Setelah pembaruan, Anda dapat menginstal ulang aplikasi.

Unduh file instalasi lagi

Saat menggunakan Pembaruan Windows untuk memperbarui sistem, Anda terkadang melihat lblue screen jika satu atau lebih file instalasi rusak selama proses pengunduhan. Jika demikian, Anda dapat menggunakan aplikasi Pengaturan untuk menghapus file sebelumnya sehingga Pembaruan Windows dapat mengunduh file lagi.

Untuk mengizinkan Pembaruan Windows mengunduh ulang file pemutakhiran, lakukan hal berikut:

  1. Buka pengaturan.
  2. Klik pada Sistem.
  3. Klik pada Penyimpanan.
  4. Di bagian Disk Lokal, klik item File Sementara.
  5. Hapus opsi yang telah dipilih sebelumnya.
  6. Aktifkan opsi file instalasi Windows Sementara.
  7. Klik tombol Hapus File.

Setelah mengikuti langkah-langkahnya, buka Pengaturan Pembaruan Windows dan coba tingkatkan lagi.

Jika Anda melanjutkan dengan masalah yang sama, pertimbangkan untuk menggunakan utilitas Update Assistant untuk melakukan upgrade di tempat. Jika utilitas tidak berfungsi, Anda juga dapat mencoba menggunakan Media Creation Tool untuk membuat media instalasi guna menginstal versi baru.

Analisis masalah upgrade

Anda dapat menggunakan alat SetupDiag untuk memecahkan masalah kesalahan layar biru. SetupDiag adalah alat yang disediakan Microsoft sebagai unduhan opsional untuk mendiagnosis dan menentukan mengapa pembaruan atau pemutakhiran tidak dapat diterapkan. Ini adalah informasi berharga yang dapat membantu Anda memecahkan masalah pemeriksaan kesalahan.

Untuk menggunakan SetupDiag setelah pemutakhiran Windows 10 gagal dengan blue screen, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman unduh SetupDiag.
  2. Klik tombol Unduh SetupDiag.
  3. Pilih folder tujuan untuk menyimpan file.
  4. Klik tombol Simpan.
  5. Buka file explorer.
  6. Arahkan ke folder tempat Anda mengunduh file.
  7. Klik kanan SetupDiag.exe dan pilih opsi Jalankan sebagai administrator.
  8. Klik kanan file SetupDiagResults.log dan pilih Buka.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, editor teks default akan membuka file log dengan hasil diagnostik berdasarkan aturan yang diketahui yang ditetapkan oleh Microsoft.

Jika kesalahan terdeteksi, log akan mencantumkan informasi untuk membantu Anda menentukan mengapa perangkat menampilkan layar biru selama pembaruan, dan jika masalah diketahui, Anda juga akan diberikan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah.

Terkadang Anda tidak akan mendapatkan referensi. Jika demikian, ikuti tautan (jika ada) yang tersedia di file log, atau gunakan kode kesalahan atau informasi berguna lainnya untuk menyelidiki masalah secara online. (Gunakan panduan ini untuk instruksi lebih rinci.)

Leave a Comment