9 Alasan Anda Harus Menggunakan Google Form

Wartawarganews – 9 Alasan Anda Harus Menggunakan Google Form – Jika Anda pernah mencoba mengikuti survei online sebelumnya, kemungkinan Anda menggunakan beberapa alat berbasis web seperti SurveyMonkey dan SurveyLegend. Namun, ada alat hebat lain yang menurut kami harus Anda gunakan dan alat gratis itu adalah Google Forms.

Mengapa menggunakan Google Form ? Ini adalah aplikasi yang mudah digunakan, cepat diselesaikan, dan mudah dijawab oleh orang lain.

Berikut adalah sembilan keunggulan Google Form dan mengapa Anda harus menggunakannya untuk semua kebutuhan pembuatan survei Anda.

1. Buat formulir gratis tanpa batas dengan template Google

Sebagian besar alat survei memberi Anda sejumlah survei gratis sebelum mereka menagih Anda untuk layanan tersebut.

Menggunakan layanan berbasis langganan baik-baik saja jika Anda adalah perusahaan besar. Namun, jika Anda seorang individu yang menjalankan bisnis kecil atau bagian dari organisasi nirlaba, harga bulanan bisa menjadi masalah.

Untungnya, salah satu keuntungan besar menggunakan Google Forms adalah Anda dapat menggunakan Google untuk mengambil survei gratis sebanyak yang Anda inginkan, setidaknya di akun pribadi Anda. Secara teknis, Anda dapat terus membuat jajak pendapat baru hingga Google Drive Anda penuh. Kami tidak menyarankan ini, namun: kami hanya percaya ada cara yang lebih baik untuk menggunakan Drive Anda.

Untuk menghemat waktu Anda, Google Forms juga menawarkan berbagai template yang dapat Anda gunakan untuk membuat survei yang secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

2. Manfaat Google Form ? Hasilnya dapat dibagi

Jika Anda senang berkolaborasi dalam dokumen dan spreadsheet, salah satu hal hebat tentang Google Form adalah kemampuan kolaboratif Google juga tersedia melalui aplikasi ini. Anda dapat berbagi formulir dengan orang sebanyak yang Anda inginkan bersama dengan hasil formulir ini dalam tabel.

Saat Anda mengklik Tambahkan Kontributor untuk formulir Anda, semua kolaborator yang telah Anda tambahkan dapat melihatnya. Berikan izin kepada setiap anggota tim lainnya untuk mengedit dan melihat perubahan yang telah dibuat orang lain juga.

Fitur berbagi dokumen Google telah menjadi yang terbaik di pasar selama beberapa waktu dan terus mendominasi program ini juga.

3. Pentingnya Threading Logika Google Forms

Threading logis adalah kemampuan untuk mengubah survei berdasarkan tanggapan peserta sebelumnya.

Ini sangat berguna untuk digunakan. Di Google Formulir, lakukan hal berikut:

  • Klik pada tiga titik di sudut kanan bawah pertanyaan.
  • Setelah itu, klik bagian Go to section based on answer

Ini juga memastikan bahwa peserta hanya diberikan data relevan yang mereka butuhkan. Misalnya, jika pertanyaan pertama dalam survei menanyakan apakah Anda pengguna Mac atau Windows, pertanyaan berikut dapat didasarkan pada komputer Mac atau Windows.

Dengan alat survei lainnya, logika threading terkadang merupakan fitur yang harus Anda bayar. Namun, ini gratis di Google Formulir.

4. Terima pemberitahuan email untuk hasil Google Formulir

Beberapa alat pembuatan survei yang dapat Anda temukan online hanya akan memungkinkan Anda melihat hasil survei tersebut jika Anda mengunjungi situs web aplikasi lagi. Situasi ini mungkin tidak ideal tergantung pada perangkat apa yang Anda gunakan untuk melihat situs web.

Untungnya, salah satu hal hebat tentang Google Formulir adalah kemampuan untuk menerima pemberitahuan dan tanggapan ke formulir Anda secara langsung melalui email.

Untuk mendapatkan balasan ke kotak masuk email Anda:

  • Klik tab Responses di bagian atas Google Form Anda.
  • Ketuk tiga titik di sisi kanan bilah alat di sebelah ikon spreadsheet Google.
  • Pilih  Get email notifications for new responses dari menu.

5. Google Form Responsive di Mobile

Tidak semua situs web dibuat sama. Tidak semua alat pembuat survei berfungsi dengan baik di browser seluler.

Penggunaan utama Google Forms adalah kompatibilitas lintas platform, yang berkisar dari browser desktop hingga smartphone. Setiap desain template responsif, yang berarti bahwa kotak centang, kuesioner pilihan ganda, dan bidang teks mudah digunakan oleh peserta, apa pun perangkat yang mereka gunakan.

Kualitas ramah seluler ini merupakan keuntungan besar, karena sebagian besar lalu lintas web di seluruh dunia disaring melalui ponsel cerdas. Antarmuka pengguna yang responsif ini berpotensi menghasilkan tingkat respons tinggi yang tidak terduga untuk Google Formulir.

Sekali lagi, ada lebih sedikit hambatan untuk mengambil survei untuk semua orang.

6. Pentingnya menyesuaikan Google Form

Alat survei online lainnya sering kali mengharuskan Anda membayar lebih sedikit untuk menyesuaikan survei Anda, terutama jika Anda ingin survei tersebut sesuai dengan merek perusahaan Anda. Tidak demikian halnya dengan Google Formulir.

Dengan kemampuan untuk menyesuaikan tampilan survei agar sesuai dengan merek perusahaan Anda, Google Forms memungkinkan Anda menyesuaikan warna di setiap template yang telah dibuat sebelumnya, menambahkan gambar ke header template tersebut, dan mengubah gaya font.

Ide di baliknya ? Anda ingin menyampaikan kepada peserta survei bahwa survei adalah bagian dari produk terpadu: waktu dan upaya telah dicurahkan untuk pertanyaan yang diajukan.

Jika Anda menginginkan gagasan yang lebih spesifik tentang di mana aspek penyesuaian ini berguna, berikut ini cara menggunakan Google Form untuk membuat formulir kontak situs web gratis.

7. Google Formulir dapat membantu guru dan siswa

Salah satu manfaat tak terduga dari Google Forms adalah dapat membantu Anda di bidang pendidikan, terutama jika Anda seorang guru.

Sebagai komponen G Suite for Education, Google Formulir menyediakan cara yang terjangkau bagi pengajar untuk mengumpulkan data dan membantu mereka tetap teratur.

Dengan menggunakan Google Formulir, Anda dapat:

  • Lihat pekerjaan siswa untuk melacak kemajuan mereka.
  • Lacak kehadiran kursus.
  • Gunakan Google Formulir untuk penilaian.
  • Gunakan Google Formulir untuk mewawancarai siswa tentang suatu topik.

8. Gunakan Formulir Google untuk Bisnis Anda

Google Formulir tidak hanya merupakan alat yang hebat untuk pendidik, tetapi juga alat yang fantastis untuk bekerja. Jika Anda memiliki G Suite for Business dan menjalankan toko online sederhana, Anda dapat menggunakan Google Formulir untuk mendapatkan masukan pelanggan atau mengisi formulir pemesanan.

Jika Anda memiliki rekan kerja, Anda juga dapat menggunakan Google Formulir untuk mengisi permintaan liburan.

9. Buat survei dengan cepat dengan Google Formulir

Lagi pula, salah satu hal terbaik tentang Google Formulir adalah Anda dapat dengan cepat membuat survei, formulir, dan survei.

Tidak ada lonceng dan peluit rumit yang perlu Anda ketahui untuk mempelajari cara menggunakan aplikasi; tidak ada titik harga atau pengetahuan internal yang membuat alat ini tidak dapat diakses oleh pengguna biasa.

Jika Anda ingin membuat survei dalam waktu sepuluh menit atau kurang, maka tidak ada cara yang lebih mudah selain menggunakan Google Formulir. Cukup buka aplikasi, pilih template Anda, masukkan pertanyaan Anda, dan mulai.

Ini membuatnya sangat cocok untuk pengguna biasa dalam hal membuat dokumen online.

Leave a Comment