Jawaban Aktivitas Menulis Halaman 139 Bahasa Indonesia Kelas 4

Wartawarganews.com – Jawaban Aktivitas Menulis Halaman 139 Bahasa Indonesia Kelas 4. Halo Adik-Adik! Kali ini Wartawarganews.com akan membahas Jawaban Aktivitas Menulis Halaman 139 Bahasa Indonesia Kelas 4.

 

Bahas Bahasa

 

Sebelumnya Adik-Adik sudah membaca cerita “Raja Ampat”. Teks di bawah ini  judulnya hampir serupa. Isinya juga menggambarkan keindahan Raja Ampat. Namun, penyajiannya berbeda.

Gambar Aktivitas Menulis Halaman 139

Adik-Adik mungkin bisa menebak bahwa teks “Raja Ampatku” di atas adalah puisi. Ada puisi yang termasuk ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan lirik dan bait. Ada pula puisi bebas yang cara penulisannya lebih bebas, tidak terikat rima, jumlah kata, ataupun jumlah larik.

Puisi merupakan salah satu cara mengungkapkan perasaan atau pikiran melalui tulisan. Kata-kata dipilih dengan tepat dan dirangkai dengan indah. Biasanya perasaan tersebut diungkapkan melalui perumpamaan atau majas.

Contoh:

  • Laksana untaian mutiara di lautan (gugusan pulau diumpamakan untaian mutiara)
  • Lambaian terumbu karang dan ikan menyapa … (karang dan ikan dipersonifikasikan seolah-olah seperti manusia)

 

Menulis

 

Dapatkah Adik-Adik membayangkan Raja Ampat seperti yang digambarkan pengarang puisi tersebut? Sekarang bayangkan suatu tempat di daerah kalian. Ceritakan keindahannya dalam bentuk puisi.

 

Jawaban Aktivitas

 

Karena jawaban aktivitas ini merupakan hasil kreativitas Adik-Adik, berikut tahap-tahap yang dapat Adik-Adik lakukan untuk membuat puisi.

  1. Tentukan tema puisi yang akan Adik-Adik buat.
  2. Buat daftar kata yang sesuai untuk tempat tersebut. Contoh: jernih, gemercik, dan sejuk, dapat digunakan untuk membuat puisi tentang air terjun.
  3. Carilah perumpamaan atau majas untuk menggambarkan tempat tersebut atau menggambarkan suasananya. Contoh: bunyi hempasan ombak, diumpamakan seperti alunan musik.
  4. Tulislah puisi Adik-Adik di buku tulis.
  5. Bacalah puisi tulisan Adik-Adik dengan nyaring. Rasakan keindahannya

Jika ada kata-kata yang terasa janggal atau belum sesuai, Adik-Adik dapat mengubahnya lagi.

 

Adik-Adik, demikianlah pembahasan Aktivitas Menulis Halaman 139 Bahasa Indonesia Kelas 4. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Wartawarganews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Leave a Comment