Jawaban Aktivitas Kelompok Halaman 178 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4

Wartawarganews.com – Jawaban Aktivitas Kelompok Halaman 178 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4. Halo Adik-Adik! Kali ini Wartawarganews.com akan membahas Jawaban Aktivitas Kelompok Halaman 178 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4.

 

Aktivitas Kelompok Halaman 178

 

  1. Buatlah peta konsep tentang persaudaraan Kaum Muhajirin dan Ansor bersama kelompok. Adik-Adik bebas berkreasi dalam menentukan bentuk, warna, tulisan, dan gambar. Adik-Adik juga dapat menggunakan berbagai macam media, seperti kertas, karton, atau paparan menggunakan teknologi informasi.
  2. Paparkan hasil belajar dari kelompok Adik-Adik!

Gambar Aktivitas Kelompok Halaman 178

 

Jawaban Aktivitas Kelompok Halaman 178

 

  1. Persaudaraan ini menjadi penting agar kebutuhan pokok bagi pendatang baru, Muhajirin, yang tidak membawa harta kekayaan dapat terpenuhi. Keahlian penduduk Mekah adalah berdagang, yang mana ini membutuhkan modal. Padahal kaum Muhajirin tidak membawa bekal harta kekayaan apapun. Sementara di madinah, masyarakatnya lebih banyak bertani dan berkebun. Selain itu, Muhajirin hanya datang sendiri atau dengan keluarga kecilnya ke Madinah, mereka mungkin merasa kesepian di daerah baru. Cuaca di Madinah juga berbeda dengan Mekah, di musim dingin terasa sangat dingin dan di musim panas terasa sangat panas. Dengan adanya persaudaraan, permasalahan yang dihadapi kaum Muhajirin dapat terselesaikan untuk sementara waktu. Terlebih lagi kaum Ansor membuka hati dan tangan mereka untuk membantu kaum Muhajirin sepenuhnya.
  2. Saat itu, Rasulullah SAW mempersaudarakan puluhan orang. Misalnya mempersaudarakan Abu Bakar dengan Kharijah bin Zaid, Umar bin Khattab dengan Usman bin Malik, Usman bin Affan dengan Aus bun Sabit, Talhah bin Abdillah dengan Kaab bin Malik, Hamzah Bin Abdul Muttalib dengan Zaid bin Harisah, ammar bin Yasir dengan Huzaifah bin al-Yaman, dan Salman al-Farisy dengan Abu al-Dardara. Selain untuk memberikan bantuan kepada orang yang kurang mampu, persaudaraan ini juga menghapus perbedaan akibat pelecehan terhadap sesama. Seperti misalnya Rasulullah SAW mempersaudarakan Zaid bin Harisah, bekas hamba sahaya dengan Hamzah bin Abdul Muttalib, seorang tokoh utama Quraisy.
  3.  Sikap yang patut diteladani dari kaum Muhajirin adalah mereka rela meninggalkan keluarga, harta, kenyamanan di Mekah dan rela hijrah ke madinah dengan membawa keyakinan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Contoh: persaudaraan yang dijalin dan bantuan kaum Ansor tidak membuat kaum Muhajirin bermalas-malasan. Kaum Muhajirin tetap berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari mereka.
  4. Kaum Ansor membuka hati dan tangan mereka untuk membantu Muhajirin sepenuhnya. Adapun contoh yang dapat diteladani diantaranya adalah kisah Saad bin Rabi’

 

Adik-Adik, demikianlah pembahasan Aktivitas Kelompok Halaman 178 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Wartawarganews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Leave a Comment