Jawaban Aktivitas Berdiskusi Halaman 89 Bahasa indonesia Kelas 4

Wartawarganews.com – Jawaban Aktivitas Berdiskusi Halaman 89 Bahasa indonesia Kelas 4. Halo Adik-Adik! Kali ini Wartawarganews.com akan membahas Jawaban Aktivitas Berdiskusi Halaman 89 Bahasa indonesia Kelas 4.

 

Aktivitas Berdiskusi Halaman 89

 

Bacalah teks berikut dengan saksama.

 

Kuat untuk Melindungi

Kak Puspita adalah seorang pesilat tangguh. Dia terlihat banyak meraih gelar juara di pertandingan tingkat nasional maupun provinsi. Berikut hasil wawancara saya dengannya.

Sewaktu Kak Puspita masih kecil, awalnya dia tidak tertarik ilmu bela diri. Suatu saat dia diganggu beberapa anak yang lebih besar. Dia berusaha melawan, tetapi tidak bisa karena masih kecil. Dia malah ditertawakan. Sejak itu dia memikirkan cara supaya bisa membela dirinya sendiri.

Ketika masuk SMP, ada ekstrakurikuler silat. Dia segera mendaftar. Ternyata belajar silat itu asyik dan seru. Kak Puspita kemudian bergabung di sebuah perguruan silat.

Awalnya Kak Puspita ingin menguasai silat supaya bisa melawan pengganggunya. Dia berpikir untuk suatu saat membalas perbuatan para pengganggunya. Namun, setelah mendalami silat, Kak Puspita jadi mengerti bahwa silat harusnya bukan untuk balas dendam. Silat justru untuk berteman dan melindungi.

Kata Kak Puspita, di dalam gerakan pencak silat terkandung banyak nilai luhur. Misalnya, dalam sikap pasang. Ada beberapa sikap pasang, biasanya dilakukan dengan tangan dalam keadaan terbuka, bukan mengepal. Artinya silat itu bukan untuk berkelahi atau menyakiti. Kalau ada yang menyerang, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah menghindar dan menangkis. Kalau dia masih menyerang, barulah kita patahkan gerakannya tanpa melukai.

Manfaat yang dirasakan Kak Puspita setelah menekuni pencak silat antara lain: tubuhnya menjadi sehat dan bugar, lebih mudah berkonsentrasi, dapat banyak teman, serta menjadi orang uang lebih baik.

Kak Puspita menjelaskan bahwa keberhasilannya dalam pertandingan-pertandingan adalah berkat disiplin dalam latihan. Kak Puspita mengatakan bahwa ini tidak hanya berlaku pada silat. Apa pun yang kita lakukan, kalau kita lakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh, pasti akan memberikan hasil yang baik.

Selanjutnya, kak puspita berharap bahwa anak-anak seusia saya belajar ilmu bela diri, terutama silat. Pencak silat adalah seni bela diri asli negara kita. Jadi, disamping mendapatkan banyak manfaat untuk diri sendiri, sekaligus juga melestarikan budaya bangsa Indonesia.

 

Diskusikan isi teks Laporan Wawancara “Kuat untuk Melindungi”. Berbicaralah dengan suara yang jelas agar pembicaraan Adik-Adik dipahami dengan baik. Gunakan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sebagai panduan.

  1. Judul laporan di atas adalah “Kuat untuk Melindungi”. Menurut Adik-Adik, apa makna yang ingin disampaikan penulis dengan judulnya ini?
  2. Apakah Adik-Adik setuju bahwa ilmu bela diri bukan unyuk berkelahi? Jelaskan!
  3. Apa ilmu bela diri yang ingin Adik-Adik pelajari? Mengapa?
  4. Kira-kira, apa saja daftar pertanyaan yang diajukan Nurul?

 

Jawaban Aktivitas

 

1. Makna yang ingin disampaikan penulis adalah bahwa menjadi orang kuat itu bukan untuk memanfaatkan kekuatan dengan semena-mena untuk kepentingan pribadi. Melainkan digunakan dengan bijak dan sesuai dengan takaran.

2. Setuju, karena sesuai namanya “bela diri” yang bertujuan ke arah perlindungan diri saat dalam bahaya.

3. Untuk nomor ini, jawabannya tergantung pada minat Adik-Adik. Contoh: saya ingin mempelajari karate karena itu terlihat keren, dan di sekitar rumah saya terdapat komunitas karate, saya juga terkadang mengikuti kegiatan-kegiatannya.

4. Beberapa pertanyaan yang diajukan Nurul diantaranya:

  • Kenapa Kak Puspita tertarik dengan ilmu bela diri?
  • Bagaimana awal Kak Puspita menekuni pencak silat?
  • Apa tujuan Kak Puspita menguasai silat?
  • Apa saja manfaat yang dirasakan Kak Puspita setelah menekuni pencak silat?
  • Apa kunci kemenangan Kak Puspita dalam pertandingan?
  • Apa harapan Kak Puspita kepada anak-anak seusia Nurul?

 

Adik-Adik, demikianlah pembahasan Aktivitas Berdiskusi Halaman 89 Bahasa indonesia Kelas 4. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban uang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Wartawarganews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Leave a Comment