iOS 15 Resmi Diperkenalkan, Inilah Deretan Fitur Barunya

iOS 15 Resmi Diperkenalkan, Inilah Deretan Fitur Barunya – Apple telah resmi memperkenalkan sistem operasi terbarunya yaitu iOS 15 dalam acara kumpul developer tahunan Worldwide Developer Conference (WWDC) 2021 yang digelar pada Senin (07/06/2021) pagi waktu setempat.

Ada beberapa pembaruan yang dibawa oleh perasahaan rintisan Steve Jobs itu di OS terbarunya ini. Pembaruan apa sajakah?

FaceTime

FaceTime adalah salah satu fitur yang memungkinkan para pengguna non-iOS untuk bergabung dalam sebuah panggilan video FaceTime di iOS.

For Your Information, selam ini FaceTime sendiri hadir secara eksklusif / khusus dan hanya bisa digunakan di perangkat Apple saja.

Untuk pengguna non-iOS, akan bisa bergabung dengan FaceTime melalui web. Pengguna FaceTime untuk iOS akan dapat menyalin tautan (link) ruangan tersebut, mirip dengan mekanisme membagikan ruang virtual di Zoom.

Link tersebut lantas bisa dibagikan melalui aplikasi Messages, kalender, e-mail atau aplikasi pihak ketiga lainnya.

Untuk pengguna non-iOS seperti Windows dan Android bisa bergabung ke dalam video telekonferensi FaceTime melalui browser Edge ataupun Chrome versi terbaru dengan klik link undangan tadi.

FaceTime juga dibekali dengan beberapa fitur lainnya untuk menunjang kegiatan video telekonferensi, diantaranya seperti grid view, dukungan spatial audio untuk kualitas suara yang mumpuni, hingga portrait mode yang bisa membuat buram latar belakang video.

Ada juga fitur SharePlay yang memungkinkan para penggunanya mendengarkan serta menonton beragam konten melalui berbagai aplikasi pihak ketiga seperti TikTok, Disney+, HBO Max, Hulu, NBA, Twitch dan lain sebagainya langsung dari FaceTime.

Messages

Apple juga turut memperbaharui aplikasi Messages di iOS 15. Para pengguna iOS 15 akan dengan mudah berkirim konten kepada pengguna lainnya seperti Photos hingga News melalui fitur Shared Stacks.

Notifikasi

Sistem notifikasi juga ikut mendapatkan update kali ini. Sekarang rangkuman notifikasi yang masuk ke ponsel bisa diterima pengguna kapan saja mereka mau.

Terus, apabila fitur Do Not Distrub (DND) aktif, maka pengguna lainnya bisa melihat status di aplikasi Messages bahwa pengguna tersebut sedang tidak ingin diganggu atau pengguna sedang sibuk.

Status “Focus” untuk menyatakan bahwa mereka tengah melakukan sebuah kegiatan misal membaca, bekerja atau berolahraga juga bisa diubah oleh pengguna.

Nanti, Focus juga bakal menyesuaikan notifikasi dan tampilan dari home screen sesuai dengan kegiatan yang sedang dilakukan oleh pengguna.

Memindai Teks

Aplikasi Photos pada iOS 15 juga ikut mendapat pembaruan dengan fitur ala Google Lens uang memungkinkan penggunanya menerjemahkan teks yang ada dalam tangkapan kamera menggunakan teknologi AI.

Menyimpan Kartu Identitas

Selain Photos, pihak Apple juga menambahkan sejumlah fitur baru di aplikasi Wallet. Sekarang, Wallet bisa juga digunakan untuk menyimpan kunci rumah, kantor hingga kunci hotel yang berbasis kartu.

Ada pula fitur Identify Cards yang digunakan untuk memindai berbagai kartu identitas yang dapat disimpan di Wallet. Pihak Apple mengatakan bahwa fitur tersebut bakalan hadir tahun ini dan diklaim sudah dibekali dengan sistem enkripsi yang aman.

Weather

Untuk aplikasi Weather di iOS 15 juga sekarang lebih interaktif. Dengan tampilan utama sekarang yang akan mengikuti cuaca di lokasi yang pengguna sedang tempati. Jika cuaca sedang hujan, maka tampilan akan berubah menjadi gelap dengan ilustrasi hujan.

Maps

Tidak ketinggalan pula, aplikasi navigasi Apple Maps juga akan mendapatkan pembaharuan dengan tampilan yang lebih segar dengan detail lokasi, bangunan dan berbagai tempat lainnya yang ikut diperbanyak.

Ada juga fitur Neaby Transit yang memungkinkan para pengguna iOS 15 bernavigasi dengan mudah dengan menggunakan kendaraan umum.

Sama seperti pada iOS 14, beragam fitur baru di iOS 15 juga akan tersedia bagi pengguna iPhone 6s ke atas. Versi preview (pratinjau) iOS 15 untuk para pengembang juga sudah mulai tersedia di situs web developer.apple.com.

Sementara itu, untuk iOS 15 versi public beta akan bisa dijajal para pengguna umum mulai bulan depan.

Leave a Comment