Cara menghapus virus Shortcut pada Windows 7/8/10

Wartawarganews – Cara menghapus virus Shortcut pada Windows 7/8/10 – Virus shortcut adalah virus komputer yang menyembunyikan file Anda dan menggantinya dengan file shortcut yang bernama file sama. Ketika Anda mengklik file shortcut tersebut, virus akan mereplikasi dan selanjutnya menginfeksi drive Anda.

Ketika virus shortcut mempengaruhi komputer Anda, partisi hard drive, atau drive USB, semua file menjadi shortcut dan data yang sebenarnya tidak dapat diakses. Virus shortcut biasanya masuk ke drive Anda dengan menjalankan file .exe yang berisi virus atau melalui flash drive di beberapa komputer.

Jika Anda memiliki infeksi virus pintasan, maka Anda harus membaca solusi terperinci di bawah ini untuk menghapus virus dengan atau tanpa penghapus virus pintasan. Lihat tabel di bawah untuk melihat opsi yang tersedia.

Cara 1. Bersihkan & Hapus Virus Shortcut Menggunakan CMD [Gratis]

Berlaku untuk perangkat eksternal dan internal

Jika perangkat eksternal Anda seperti USB flash drive, hard drive eksternal atau kartu memori SD terinfeksi virus shortcut, Anda harus segera menghapus virus tersebut. Infeksi menyebar ketika Anda menghubungkan perangkat eksternal ke PC Windows atau laptop.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus virus shortcut menggunakan Command Prompt.

Peringatan
Berhati-hatilah saat menggunakan baris perintah CMD untuk menyelesaikan masalah Anda. Penggunaan CMD yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem Anda.

  1. Hubungkan hard drive eksternal Anda ke PC Anda, klik kanan pada Start dan pilih Search.
  2. Ketik Command Prompt di kotak pencarian dan klik Command Prompt untuk membukanya. Masuk dengan akun administrator dan kata sandi Anda saat diminta oleh sistem.
  3. Ketik huruf untuk drive Anda, ketik titik dua dan tekan Enter. Misalnya, jika huruf drive USB atau drive HDD Anda adalah H, ketik H: dan tekan Enter.
  4. Ketik del * .lnk dan tekan Enter.
  5. Ketik attrib -s – r -h *.* / S / d / l dan tekan Enter.

Jika tidak berhasil, kemungkinan Anda terinfeksi virus lain. Ganti .lnk dengan ekstensi virus lain seperti * .exe untuk menghapus file yang mencurigakan tersebut.

Metode 2. Hapus / Hapus / Hapus Virus Pintasan dari registri

Berlaku untuk komputer dan laptop

Metode ini akan menghapus kunci mencurigakan yang mungkin terkait dengan virus pintasan di PC Anda.

Peringatan
Menghapus kunci yang salah di Peninjau Suntingan Registri dapat berakibat serius, termasuk malfungsi dalam program atau bagian dari fungsi komputer. Hati-hati saat melepas kunci.

Langkah-langkah untuk menghapus virus shortcut dari registri:

  1. Tekan tombol Windows + R, ketik: regedit dan tekan Enter.
  2. Di registry editor, arahkan ke HKEY_CURRENT_USER> Software> Microsoft> Windows> CurrentVersion> Run.
  3. Temukan kunci yang mencurigakan seperti odwcamszas, WXXKYz, ZGFYszaas, OUzzckky dan hapus.

 

Leave a Comment